Sejarah Perusahaan

PT. King Sand International Group telah memulai kegiatan usahanya sejak tahun 1976. Founder daripada Group ini yang pada saat itu memiliki usaha perseorangan adalah Yosef Anton Widjaya Edy Widjaya. Pada tahun 1976 tersebut, kegiatan sedot pasir adalah bentuk kegiatan daripada penambangan pasir. Bapak Edy Widjaya mengawali usaha sedot pasirnya di wilayah pinggiran Jakarta, seperti Serpong, Legok, dan Tangerang.

Sampai pada tahun 2000 dimana perkembangan pembangunan begitu pesatnya, dan ketika tahun 2004 dibutuhkan supply pasir yang sangat besar bagi pembangunan Jalan Tol Cipularang, saat itulah Bapak Edy Widjaya dan Putra Pertamanya Bapak Donny Yohanes Edy Widjaya melakukan eksplorasi menuju Wilayah Lampung. Berbekal koordinat satelit yang diterima dari pemerintah saat itu, dan didukung dengan pengalaman eksplorasi pasir puluhan tahun, mereka mendapatkan lokasi tambang pasir yang demikian luasnya dan mampu mencukupi kebutuhan pasir Jakarta dan sekitarnya hingga puluhan tahun kedepan.

Didukung dengan kerja yang solid dan profesional, Perusahaan Keluarga yang akhirnya didukung oleh Ibu Imelda Theresia Edy Widjaya dan Bapak Stevanus Sanjaya Edy Widjaya, Putri Pertama dan Putra Kedua dari Bapak Yosef Anton Widjaya memulai lembaran baru Generasi Kedua dalam bentuk PT. King Sand International dengan basis operasional di Wilayah Lampung Timur dan Lampung Selatan.

Pada tahun 2005, pembangunan Pelabuhan Khusus PT. Wahana Pasir Sakti dimulai, pelabuhan pasir ini terletak di Pantai Onar, Jalan Raya Lintas Timur Bakauheni Sumatera, Desa Tridharmayoga, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung Timur. Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Pelabuhan ini selesai dan mulai beroperasi full sejak tahun 2006 sampai tahun 2013 dengan tingkat pelayanan pelabuhan sampai 1,440,000 m3/tahunnya.

Perkembangan bisnis pasir dengan demand pembangunan yang luar biasa di Daerah Jakarta dan Sekitarnya terlihat sangat kontras dengan kondisi masyarakat dan kehidupan di Lampung dimana tambang pasir berada. Atas dasar pemikiran inilah, pada tahun 2006 Keluarga Edy Widjaya mengakuisisi Yayasan Pendidikan Mutiara Kasih dan lalu membuatnya menjadi Sekolah Nasional berbasis non-profit. Program Corporate Social Responsibility daripada King Sand International Group ini mendidik karyawan serta keluarganya dengan cuma-cuma. Saat ini YPMK hadir dengan pendidikan tingkat TK-SD-SMP-SMA-SMK.

Pada tahun 2007, Keluarga Edy Widjaya membuat sebuah keputusan bisnis yang berani dengan melakukan investasi pembelian kendaraan angkut pasir Dump Truck dan alat berat produksi Excavator 200 Series. Dikelola oleh PT. Tridharmayoga Multi Marina, yang pada saat 2007 tersebut hanya memiliki 20 unit DT dan 3 unit Excavator, pada tahun 2013, PT. Tridharmayoga Multi Marina mengelola 150 unit DT dan 20 unit Excavator, serta alat berat lainnya.

Pada tahun 2008, sebuah keputusan penting kembali mewarnai perjalanan PT. King Sand International Group. Sebuah perusahaan atas nama PT. Pasir Besi Sakti dan PT. Pasir Mas Sakti dibuat sebagai distributor pasir untuk cash customer dan project serta agent. Diawali dengan pusat distribusi di Kawasan Ekanuri, Tanjung Priok, lalu pindah ke Kawasan Inggom, saat ini PT. Pasir Besi Sakti beroperasi di Pusat Distribusi Pasir PT. PBS, PLTU Kalijapat, Jl Ketel Uap, Ancol Timur, Jakarta Utara.

Pada tahun 2011, pembangunan Pelabuhan Khusus PT. Jaya Pacific Propertindo dimulai, pelabuhan kedua yang dibangun oleh Keluarga Edy Widjaya ini ditujukan untuk peningkatan produksi dan pelayanan pelabuhan terhadap peningkatan permintaan pasir yang ada di Wilayah Jakarta dan sekitarnya, Wilayah Merak, serta Wilayah Cilacap. Pada Juli 2013, shipment pertama dari Pelabuhan Khusus PT. Jaya Pacific Propertindo telah berlayar, dan siap untuk mendukung tingkat pengiriman pasir hingga 3,600,000 m3/tahunnya.

Pada tahun 2014, PT. Pasir Besi Sakti secara resmi telah membuka Pusat Distribusi Pasir terintegrasi di Marunda Center. Penambahan titik distribusi ini semakin memantapkan posisi PT. King Sand International Group sebagai THE ONE AND ONLY INTEGRATED SAND SUPPLIER.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Posts